06 November 2009

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer :

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung . Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut NODE. Setiap jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya, misalnya: CDROM, printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer :

* Jaringan LAN / Local Area Network : Adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti, seperti : sebuah perkantoran sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak lebih dari radius 1 km.

* Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan Area Metropolitan : Biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu Kabupaten. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan – jaringan kecil kedalam area yang lebih besar. Sebagai contoh yaitu: jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank didalam sebuah kota besar dihubungkan satu antara satu dengan lainnya. Misalnya: Bank Mandiri yang terdapat di seluruh wilayah Surabaya.

* Wide Area Network (WAN) / Jaringan Area Skala Besar : Adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut. Sebagai contoh keseluruhan jaringan Bank Mandiri yang ada di Indonesia. Menggunakan sarana WAN, sebuah Bank yang ada di Jakarta bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Makasar hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak perbedaan, hanya lingkup areanya saja yang berbeda.

Perangkat Keras Yang Diperlukan :

1. File Servers : Sebuah file server merupakan jantung kebanyakan jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori besar, harddisk kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node ke node yang lain, atau menerima menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain. Terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia harus juga menyimpan informasi dan membaginya secara cepat.
2. Workstations : Adalah keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan. Sebuah workstation minimal mempunyai; kartu jaringan, software jaringan. Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.
3. Network Interface Card (NIC) : NIC atau kartu jaringan merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di dalam komputer
4. Concentrators / Hub : Hub adalah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.
5. Repeaters : Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN, menggunakan topologi bintang dengan kabel UTP, dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel UTP adalah 100 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasang sebuah repeater pada jaringan tersebut.
6. Kabel Jaringan

* Co – axial Cable : Kabel Coaxial banyak digunakan di jaringan lokal karena biaya pembangunan jaringannya relatif murah dan tidak memerlukan hub sebagai konsentrator jaringan

* UTP (Unshielded Twisted Pair) : merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan karena kemudahan yang ditawarkan, yaitu kemudahan pengembangan jumlah klien tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa harus mematikan server. Namun kelemahannya adalah relatif mahalnya implementasi sistem, diperlukan satu Hub yang berfungsi sebagai konsentrator koneksi jaringan.

  • Fiber Optic : menggunakan 2 buah ring, primary ring untuk komunikasi data, dan secondary ring sebagai media komunikasi cadangan.
  • Membangun Sebuah Jaringan Komputer :
  • Pastikan komputer (server maupun client) sudah terinstall OS dan LAN card sudah terpasang / terinstal dengan baik dan benar.
  • Sipakan perangkat yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer , misal : kabel , HUB , dan perangkat jaringan lainnya.
  • Setting konfigurasi internet ( setting IP address , network setup wizard , dan setting untuk koneksi internetnya ) pada komputer , dan tentukan IP Address itu secara berurutan.
  • Tes apakah semua komputer sudah tehubung dengan benar ( bisa melalui start – Run – ketikkan”ping IP Address anda/kom lainnya” ).
  • Setelah sebuah jaringan komputer terbentuk maka kita dapat saling berbagi data , printer , dokumen , apliaksi , dll.

No comments:

Post a Comment